it's my world

Selasa, 25 Februari 2020

T10 Level 11 Hari ke 3

Resume Diskusi "Peran Orang Tua Membangkitkan Fitrah Anak"
Oleh Teh ahsani dan teh Nurul

Pertanyaan Pertama
Teh aisyah

bagaimana menjelaskan pada si kecil, usia 8 tahun, laki-laki, tentang aurat, dia masih suka telanjang bulat, belum ada rasa malu, baik di rumah maupun di asrama

Jawaban

- Jawaban dr kelompok kami..

Usia 8 tahun termasuk Tahap pra akil baligh, peran orang tua menumbuhkan dan menyadarkan potensi gender, orang tua menjadi teman diskusi anak. Anak perempuan didekatkan dengan ibunya dan ibunya yang mengenalkan konsep aurat, begitupun anak laki2 dengan ayahnya. Agar lebih mudah dipahami

Bisa dimulai dari diri kita sendiri, orang tua memberi contoh dan memberi nasihat dengan bahasa yang mudah dimengerti kalau harus menutup aurat. 

Dikenalkan konsep rasa malu, diajarkan untuk tidak membuka baju sembarangan, dikenalkan batasan aurat, perbedaan batasan aurat laki2 dan perempuan. Yang terpenting perbuat bonding dengan orang tua.

- 5 langkah mengenalkan aurat pada anak Laki - laki 👦🏼

1. Masa tamyiz ( 7-10thn ) masa untuk mempertegas / mendisiplinkan anak Perkenalkan aurat yang boleh terlihat dan tidak terlihat " aurat " itu malu, aib atau buruk. Berarti aurat itu adalah sesuatu yang harus ditutup sehingga tidak dapat dilihat dan dipandang jelaskan dengan bahasa yang mudah dan dipahami "seksi" versinya. Kenalkan kecintaan dengan Allah SWT membuat aturan karena Allah sayang dan harus kita jaga.

2. Meneladani kisah inspiratif atau idolanya boleh mendongeng bercerita tentang menjaga auratnya untuk laki - laki.

3. Disiplin dengan aturan membuka baju dan memakai baju di kamar mandi sendiri. teladani orang tua juga dengan aturan yg dibuat.

4. Didekatkan oleh ayahnya karena cerita ayah berbeda dengan ibu, lebih mudah menyerap dan masuk logic anak.

5. Berdoa, setelah ikhtiar yang kita lakukan doakan agar Allah melembutkan dan memahamkan anak kita dengan mudah. Allah sebaik baik penjaga anak kita.

- Peran orang tua itu sangat penting ya teh, khususnya ttg fitrah seksualitas..

Anak peniru ulung, apa yang dilihat maka itu yang ditiru..
Seperti yang kemarin dijelaskan oleh kelompok sebelumnya, berbagai macam fitrah, semuanya harus terpenuhi.. tugas kita sebagai fasilitator, teman, pemandu dll ☺

- pertanyaan tambahan
Teh Ira
Teh gimana caranya mnyeimbngkn peran ayah dan ibu ya...trkdng ayah wktuny kn sempit drumah ya...dan kalau menelaah ala2 parenting kita t berasa bnyk kurangnya dlm mendidik anak...

Pertanyaan dari teh Fifit

Kpn idealnya atau sebaiknya anak belajar memakai baju sendiri?

jawaban :

- Menurut pendapat kami, fitrah kemandirian sudah boleh diperkenalkan sejak dini, bahkan ketika umur 2 thn anak sudah ingin memakai baju sendiri, namun dengan proses dan fase anak sendiri.
Ketika disiplin wajib dipertegas ketika sudah 7-10 tahun yaa teh karena fase pra aqil baligh ini bisa bernalar baik buruk sehingga disiplin menggunakan baju di kamar mandi sendiri sudah harus diterapkan.

Orang tua lebih berperan sebagai fasilitator..

- Langkah Preventif Keluarga
Ibu Elly Risman

1. Fitrah Keimanan ajarkan anak selalu berdoa kepada Allah SWT dan taat padanya sejak kecil.

2. Perbaiki pola pengasuhan.Libatkan kedua belah pihak peran Ayah dan ibu, tingkatkan diri dengan seminar, workshop, pelatihan dan ilmu agama.

3. Perbanyak menggunakan perasaan. Gunakan dua telinga lebih sering dari satu mulut.

4. Dampingi anak ketika bermain, baca buku, bermain internet. Latih konsep berfikirnya bila menemukan tayangan/bacaan yang menyimpang

5. Ikhtiar terakhir setelah semua upaya adalah DOA. Karena Allah SWT yang melindungi keluarga kita.

#Harike3
#Tantangan10Hari
#Level11
#Fitrahseksualitas

Tidak ada komentar: