it's my world

Senin, 09 Maret 2020

T10 Level 11 Hari ke 7

Resume Diskusi "Menjaga Diri dari Kejahatan Seksual"
Oleh : Teh Susanti, Rabiul Hukmi, Nurlia

Pertanyaan ke 1
Teh Ahsani

Bagaimana tanggapan teteh di daerah Sukabumi bahkan yg terbaru di Bekasi ada penculikan anak dengan kendaraan bermotor ? Bagaimana perlindungan keluarga yang terbaik ?

Jawaban :
- Kalau menurut kami selain membekali anak dengan pengetahuan ttg bagaimana menjaga diri sendiri, di samping itu orang tua juga harus lebih extra dalam pengawasan anak. Jika jarak rumah dan sekolah cukup jauh, sebaiknya orang tua yang menjemput anak ke sekolah, jika anak masih usia SD. Atau jika anak dg mobil sekolah, orang tua harus berkoordinasi dengan wali kelas dan terus mengingatkan anak untuk lebih waspada dan berhati2.



- Dan tambahan, tanamkan pada anak jangan pernah sendirian harus selalu bareng sama teman teman, biasanya penculik itu mencari anak yang berpisah dengan temannya.

- Kalau kondisinya dg motor ya mngkin kita bisa ajarkan anak utk berani berteriak ya...

- Setuju teh..dimulai dari keluarga dulu ya..kalau setiap keluarga peduli nanti bisa jadi kontrolnya meluas ke masyarakat jadi masyarakat bs aware

- setuju teh, harus saling berkoordinasi satu sama lain... anak-anakpun jadi merasa lebih waspada dan hati-hatii.. dan tidak lupa meminta perlindungan dari yg Maha Penjaga Anak kita yg Terbaik.. ☺


Pertanyaan Kedua
teh Bintan
Aslmkm teh susan, mau izin bertanya🙏baca materinya jdi ketakutan sendiri teeh..  Apalagi kita tidak bisa mengawasi anak full time 24 jam..
Bagaimana solusi atau tipsnya memberikan arahan kepada anak usia sekolah saat trjadi pelechan trhadap dirinya? Dan Bagaimana mengarahkannya supaya anak bisa mengatasi hal yg buruk tsb dengan minim trauma?

Hatrnuhun teh susan, punten trlambat prtnayaannya..🙏

Jawaban :
- Wslm...untuk pertama kali yang perlu di tanamkan orang tua ke anak adalah
Bagaimana membangun bonding dan kedekatan dengan anak

Percayakan kepada anak bahwa apapun yang terjadi di dirinya dia harus cerita ke kita orang tuanya terutama ibunya, jelaskan ke mereka kalau mereka dlu ada diperut kita selama 9 bulan, jadi apapun yang terjadi sama dia, dia harus ceritakan ke kita. Kalau ada orang yang mengancamnya atau suruh tidak kasih tahu ke orang tua jangan percaya, yang mesti dipercaya adalah orang tuanya. Nah utk pertama mungkin bonding disertai pemahaman batas aurat mesti kita jelaskan ke anak.

- Sebagai orang tua apalagi memiliki anak baru umur SD kita memang tdk bisa memaksakan pemahaman kita terlalu dalam ke anak...yang bisa kita lakukan hanyalah memberi pemahaman dan membuat anak nyaman dengan kita sehingga dia mau bercerita banyak ke kita. Makanya kewajiban kita hari perhari anak diusahakan terbuka dan enjoy menceritakan apapun kejadian di sekolah tanpa banyak intervensi dari kita, agar dia nyaman terbuka kepada kita orang tuanya.





#Harike7
#Tantangan10Hari
#Level11
#Fitrah Seksualitas

Tidak ada komentar: